Motor: China punya Jialing, India punya Bajaj, Indonesia apa ya?

26 Nov 2008

Indonesia adalah negara besar, segalanya ada. Namun, bagi saya seorang pengendara motor yang tiap hari pp naik motor, Indonesia adalah negara konsumen khususnya sepeda motor. Siapa yang tidak tahu jenis kendaraan ini…

Setiap hari naik motor, keluar rumah bertemu motor, di jalan banyak motor, di rumah tetangga halamannya ada 3 biji, di pasar ada banyak, di sekolah bejibun, di kantor apalagi, di dealer stock masih banyak, di parkiran mall udah overloaded. Tapi semuanya sodara-sodara buatan dan design orang dari negeri seberang, alias Jepang, India, dan China.

smash.JPG

Sekarang motor dari negeri India udah ada yaitu Pulsar/Bajaj. Walaupun pemain sedikit, China new comer raksasa ekonomi dunia pernah kita dengar ada merek Beijing, terus Jialing. Meski merek dari China bukan primadona, tapi nyatanya ada. Indonesia apa ya?

Bro semua, bisa minta tolong kasi tahu ke saya motor design, rakitan, mesin pokoknya semua buatan Indonesia… Kemana ahli-ahli otomotif Indonesia? Kemana Engineer/Insinyur2-nya? Kemana orang2 LIPI, BPPT, ahli2 mesin otomotif ITB, UI, UGM? Pernag denger iklan motor Kanzen yang katanya buatan dalam negeri, apa betul?

Dilihat dari jumlah penduduk, Indonesia-India-Jepang relatif sama (hanya China yang beda), luas wilayah malah besaran kita. SDM melimpah, SDA apalagi. Yang kurang cuma mau berpikir apa nggak?

Lihat, negeri yang dapat menciptakan (bukan bisanya mengkonsumsi) adalah negeri yang makmur. Untuk urusan produksi otomotif-2-wheels Jepang, Italy, Jerman, dan USA adalah negeri makmur. Sebentar lagi China dan India menyusul.

suzuki_logo.jpg yamaha_logo.JPG
Apakah (orang) Indonesia pernah berfikir, di jalan-jalan Ibukota dan kota-kota lain dengan mata kepala sendiri banyak merek motor asing menguasai jalan Jakarta. Apakah rakyat Indonesia cuma bisa menciptakan sticker klub, accesories, klub motor, bengkel, milis, klub touring, ahli2 modifikasi, tukang tambal ban, dan gank motor? Pernah tidak berfikir untuk menciptakan merek motor sendiri yang asli 100% dalam negeri? Apakah Indonesia cuma bisa disetarakan dengan Thailand, Vietnam, Filipina, dan Myanmar dalam hal perlombaan pesanan sepeda motor (lisensi) import?

--
Bayu Rimbi A
----------------------------------


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post